5 Rekomendasi Toko Kitab Kuning di Jakarta Cek....

Pustaka  
sumber: darulkutubislamiyahjakarta
sumber: darulkutubislamiyahjakarta

Mencari kitab-kitab berbahasa Arab karya para ulama zaman dahulu seringkali dianggap sulit oleh sebagian orang. Sebagian santri pondok pesantren atau bahkan ustadz-ustadz berpikir untuk mencari kitab-kitab turats rujukan dengan kualitas terbaik harus pergi keluar negeri menghadiri pameran buku Islam internasional seperti Cairo Internasional Book Fair (CIBF) secara langsung, atau kalau tidak bisa, menitip ke teman yang berkuliah di sana.

Atau alternatif lain, menunggu Islamic Book Fair (IBF) yang biasanya diadakan satu tahun sekali. Karena di IBF, berkumpul penerbit-penerbit kitab ternama dari negara-negara Mesir, Lebanon, dan Arab Saudi.

Tentu, kegiatan ini memakan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang tidak sebentar. Padahal sebenarnya, di daerah Jakarta dan sekitarnya terdapat toko-toko kitab yang menyediakan produk kitab berkualitas dari luar dan dalam negeri yang akan bisa memenuhi kebutuhan para ustadz, santri pondok pesantren, atau mahasiswa perguruan tinggi agama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut 5 daftar toko kitab kuning rekomendasi di Jakarta untuk memudahkan kamu. Tersedia juga penjualan via online.

1. Toko Kitab Dar Al Kutub Al Islamiyah Cabang Pusat.

Toko kitab ini berlokasi di Jl. Kalibata Timur I No. 61, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Toko kitab ini merupakan cabang dari penerbitan aslinya di Beirut, Lebanon. Dar Al Kutub Al-Islamiyah berupaya mempublikasikan kembali buku berbahasa Arab - populer disebut "kitab kuning" (salaf) - yang tidak bertentangan dengan syariat Islam dan akidah ahlus sunnah wal jama'ah. Di samping menerbitkan kitab-kitab dengan format klasik, juga menerbitkan kitab dengan format kontemporer tetapi tetap mempertahankan ciri-ciri khusus kitab klasik.

Buku-buku yang diterbitkan Dar Al-kutub Al-Islamiyah dijilid dengan sangat baik, didesain secara klasik atau pun up to date, dan tampil dalam beragam ukuran, edisi lux dan standar.

Klik di sini untuk informasi lokasi dan review lengkapnya.

2. Toko Kitab Dar Al Mawahib Al Islamiyyah

Maktabah yang tidak kalah lengkapnya ini terletak di Jl. Raya Condet No. 47B, Kramat Jati, Jakarta Timur. Toko kitab ini dikenal menyediakan koleksi kitab yang sulit dicari. Penerbit yang berpusat di Mesir ini menerbitkan buku-buku bacaan Islam yang bermutu dan bermanfaat untuk membentuk pribadi-pribadi Muslim yang cerdas dan berwawasan luas serta memenuhi kebutuhan umat Islam Indonesia akan pelbagai informasi, inovasi, dan wacana keislaman mutakhir.

Toko ini telah melayani kebutuhan akan referensi buku-buku terbitan Timur Tengah serta Al-Qur’an di Indonesia dengan mengelola pendistribusian yang telah mencapai seluruh wilayah Indonesia. Mereka juga senantiasa berupaya untuk memperbaiki kinerja dari pendistribusian yang telah dilakukan kepada para pelanggan guna memberikan kontribusi yang terbaik bagi pemenuhan kebutuhan akan refernsensi-referensi tersebut. Klik di sini untuk cari tahu lebih banyak kitab-kitab yang mereka jual.

3. Toko Kitab Library of Al Wadi.

Toko ini berlokasi di Ruko Pelangi Jalan Terusan I Gusti Ngurah Rai No. 7B Pondok Kopi Duren Sawit Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur. Buka hampir setiap hari dari jam 8 pagi – jam 5 sore. Menyediakan kitab-kitab berkualitas cetakan timur tengah dari berbagai macam penerbit. Katalog kitab yang mereka sediakan pun lengkap, dari Akidah, Bahasa Arab, Fikih, Kamus, Sejarah dan lain-lain.

Yang jadi kelebihan dari toko buku ini, selain aksesnya yang mudah, adalah karena juga menyediakan pembelian dalam jumlah besar. Banyak testimoni dan review bagus untuk toko buku ini. Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

4. Toko Kitab Ma’ruf.

Kamu bisa mencari kitab atau buku berbahasa Arab incaran kamu di toko yang berlokasi di Jl. Batu Ampar 1, Kramat Jati, Jakarta Timur, ini. Sudah berdiri lebih dari lima tahun dan banyak pembeli yang merasa puas setelah berbelanja buku di sini. Di sini tersedia kitab-kitab ilmu tasawwuf, ilmu hadits, ilmu tafsir, dan bahasa Arab untuk kalangan pemula hingga menengah.

Klik di sini untuk menghubungi penerbit langsung dan mencari tahu apa kitab incaran kamu dijual di sini

5. Toko Kitab dan Buku At Tahiriah.

Buat kamu yang kesulitan akses transportasi, toko buku satu ini mungkin bisa jadi solusi, karena posisinya yang tidak jauh dari stasiun kereta Tebet, Jakarta. Tepatnya di Jl. Kp. Melayu Besar No. 68, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Meski lokalnya tidak terlalu luas, tapi pengalaman sebagian pemburu kitab yang mencari buku di sini dikatakan memuaskan. Pelayanannya ramah dan berdempetan dengan masjid. Cek di sini untuk mengakses lokasinya. (MSB)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image