The Orphan Keeper: Novel Peraih Penghargaan Berdasarkan Kisah Nyata

Review  

Tak sedikit buku yang mengangkat kisah seorang anak yang terpisah dari keluarganya. Salah satunya novel The Orphan Keeper, fiksi yang ditulis berdasarkan kisah nyata, karya Camron Wright.

Novel ini ditulis berdasarkan kisah nyata penculikan anak yang dialami oleh tokoh Taj Rowland pada tahun 80-an di India. Cerita dibuka dengan adegan di mana Taj Rowland yang sudah berusia matang dan telah berkeluarga sedang bersiap untuk menceritakan ulang pengalamannya terkait penculikan yang terjadi ketika ia masih anak-anak.

Pembaca kemudian diajak untuk kembali ke masa lalu dan melihat seperti apa kehidupan keluarga Chellamuthu yang hidup di bawah garis kemiskinan di India. Perubahan nasib Chellamuthu diawali dengan penculikan ketika ia sedang pergi bersama ayahnya. Bersama anak-anak lain yang juga diculik, ia kemudian disekap di suatu tempat, di mana banyak anak lainnya menunggu waktu untuk dijual kepada orang tua angkat yang ingin mengadopsi anak. Nama Chellamuthu pun diubah menjadi Taj Rowland. Dengan demikian, lenyaplah jejak Chellamuthu si anak hilang. Akankah ia mendapat kesempatan untuk kembali berkumpul dengan keluarganya?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Isu penculikan mungkin sering terdengar dan terjadi di sekitar kita, namun kita tidak pernah benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada orang-orang yang mengalaminya. Melalui kisah Chellamuthu, kita diingatkan kembali betapa nyatanya masalah terkait penculikan dan betapa tak terduganya dalang di balik penculikan yang terjadi.

Meskipun Chellamuthu mengalami kisah yang memilukan, namun Camron Wright tidak berlebihan dalam memberi gambaran seputar pedihnya perpisahan antara seorang anak dan keluarganya secara paksa. Camron dengan lihai memperkaya The Orphan Keeper dengan kebajikan, kultur, dan suspense yang membuat pembaca terus membalik halaman.

Secara keseluruhan, novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata ini merupakan kisah perjalanan yang sangat menyentuh tentang pencarian jati diri dan ikatan keluarga yang tak mudah putus dan menghubungkan kita selamanya. Kecakapan Camron Wright dalam menyajikan cerita pun terbukti dengan penghargaan Book of the Year kategori Multicultural Fiction dari Foreword Reviews yang diraihnya untuk The Orphan Keeper, menjadikan novel ini satu lagi karya yang wajib Anda baca.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image