Sangkakala di Langit Andalusia, Novel Bergenre Historical Fiction

Pustaka  
Sangkakala di Langit Andalusia, salah satu contoh Historical Novel.
Sangkakala di Langit Andalusia, salah satu contoh Historical Novel.

Kembali beraktivitas, bukan berarti menurunkan produktifitas membaca. Sobat Readezvous yang bingung akhir pekan nanti mau ngapain, bisa nih bikin wishlist untuk menambah koleksi bacaan di rak buku. Listnya bisa dimulai dengan membuat challenge membaca genre yang belum pernah dibaca sebelumya. Salah satunya, Historical Fiction. Eh, apa tuh?

Historical Fiction atau Fiksi Historis adalah fiksi yang ditulis pada masa lampau. Waktu yang terpaut jauh dengan penulis maupun pembacanya. Misalnya, jika periode waktu yang ditulis di buku adalah periode 50 tahun yang lalu, maka dapat dipastikan itu adalah Historical Fiction. Karena jarak dan waktu yang terpaut jauh inilah, biasanya penulis dituntut untuk melakukan riset atau penelitian untuk mengumpulkan data-data terkait tulisan yang ditulisnya. Tujuannya, untuk memperkuat tokoh dan latar belakang kejadian, yang sulit ditemukan di zamannya sekarang.

Cara Menulis Historical Fiction

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada dua cara yang dilakukan penulis untuk mengisahkan genre ini. Pertama, berdasarkan kejadian/peristiwa nyata di masa lalu berikut fakta-fakta sejarah di dalamnya yang diperankan oleh tokoh-tokoh fiksi yang diciptakan oleh penulis. Cara kedua adalah penulis mengambil tokoh sejarah lalu dikembangkan menjadi kisah yang sedikit berbeda dengan fakta sejarah yang beredar tanpa meninggalkan garis besar fakta yang ada, karena umumnya masyarakat telah mengenal tokoh tersebut sebelumnya. Poin terpenting dalam penulisan genre ini adalah penulis harus detil dalam menyertakan sikap, perilaku, kondisi sosial dan budaya pada era tersebut. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan kisah yang jelas dan dapat dinikmati oleh para pembaca.

Sub-genre Historical Fiction

Lahirnya Historical Fiction diikuti dengan munculnya beberapa sub-genre yang berinduk pada fakta sejarah dan peristiwa masa lalu. Yaitu:

- Alternate History: kisah yang berasal dari kombinasi antara peristiwa sejarah yang terjadi sesungguhnya yang dipadukan dengan sejarah yang berbeda.

- Historical Fantasy: kisah yang berasal dari kombinasi antara elemen nyata sejarah, mitos, legenda, kepercayaan dan budaya.

- Historical Novel: kisah yang berasal dari karya murni penulis yang diambil dari ide-ide historis, peristiwa dan fakta sejarah. Ditulis dengan mengombinasi dua cara penulisan Historical Fiction di atas. Contohnya adalah novel Sangkakala di Langit Andalusia karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.

- Historical Romance: kisah dengan latar belakang waktu sebelum Perang Dunia II yang kemudian dibagi menjadi beberapa era: Abad Pertengahan, Abad Peralihan (sebelum abad ke-14), Abad kejayaan Kerajaan Inggris (abad 14-15), dst.

- Historical Whodunnit: kisah dengan latar belakang sejarah klasik misteri novel. Kasus yang diangkat adalah kejahatan atau pembunuhan dengan memuat fakta-fakta sejarah sebenarnya.

PO Novel Sangkakala di Langit Andalusia dibuka mulai tanggal 14-26 Juni 2022.
PO Novel Sangkakala di Langit Andalusia dibuka mulai tanggal 14-26 Juni 2022.

Mumpung masih open PO di bukurepublika, yuk segera dipesan buku terbaru karya pasangan penulis Hanum-Rangga untuk memahami lebih lanjut sub-genre Historical Fiction yaitu Historical Novel. Cerita mereka akan mengantarkan kamu berkelana menjelajah waktu dan negara. Mengetahui fakta-fakta menarik yang terhampar luas di bumi Andalusia. [KRD]

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image