Membangun Cinta Perpustakaan dan Minat Baca Sedari Dini

Pustaka  
Doc. Fakultas Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta
Doc. Fakultas Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta

Data-data seputar literasi masyarakat Indonesia menunjukkan situasi yang memprihatinkan. Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara (PISA-OECD, 2019). Dari 1000 orang hanya 1 orang yang membaca. (UNESCO, 2016). Hanya 1,6 jam digunakan masyarakat Indonesia untuk membaca, sementara berselancar di dunia maya 3,3 jam (Perpusnas).

Demi meningkatkan minat baca sedari dini, Perpustakaan Istiqlal bersama Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Republika Penerbit menyelenggarakan kegiatan kunjungan perpustakaan, Rabu (14/06/2023). Hadir sebagai peserta siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal kelas 1 & 2.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Kecintaan Terhadap Perpustakaan” diisi dengan rangkaian acara peningkat literasi. Setelah berkeliling perpustakaan dan melihat koleksi buku, para siswa mendengar cerita dari Kak Dimas. Story teller yang ditemani oleh boneka peraga itu berhasil mengundang galak tawa peserta. Tidak sampai disitu, keseruan berlanjut saat panitia membagikan kertas dengan gambar hewan lucu untuk lomba mewarnai.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nabilla Haliza, selaku Humas Panitia kegiatan dari UIN Jakarta menjelaskan, “Melalui story telling dan lomba mewarnai, kami berharap dapat menginspirasi anak-anak untuk lebih aktif dalam membaca, menulis dan berekspresi melalui seni. Kami juga ingin membantu mereka mengembangkan imajinasi, kreativitas dan berpikir kritis yang akan bermanfaat dalam kehidupan mereka” pangkasnya.

Pada Kesempatan ini Republika Penerbit memberikan donasi buku bacaan anak dan permainan 5 pilar untuk menambah koleksi Perpustakaan Masjid Istiqlal. Surya Darma Pratama, selaku Marketing & Promotion Republika Penerbit menyampaikan, “Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini dapat menjadi salah satu langkah tepat untuk meningkatkan kecintaan terhadap perpustakaan terlebih lagi minat baca di Indonesia.” (SDP)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image