Kolaborasi Readezvous! dan SMP IT Al Kahfi Hadirkan Festival Literasi

Pustaka  
Kepala SMP IT Al Kahfi, Rina Rachmawati, S.P., M.Pd. dan salah satu pembicara Dr. Saiful Falah 
Kepala SMP IT Al Kahfi, Rina Rachmawati, S.P., M.Pd. dan salah satu pembicara Dr. Saiful Falah

Republika Penerbit melalui Readezvous! (baca ridevu) hadir di SMP IT Al Kahfi, Bogor. Berkolaborasi selenggarakan kegiatan Festival Literasi (16-17/10/2023). Selama dua hari kegiatan diisi dengan seminar literasi, pelatihan kepenulisan, dan bazar buku.

Pada hari pertama hadir dua pembicara. Pertama, Dr. Saiful Falah, Rektor IUQI, Bogor, mengisi acara Talkshow motivasi Islami Mulai dari Nol. Pada sesi berikutnya, hadir Syahruddin El Fikri membedah buku Sehat dengan Wudhu. Kedua acara ini dihadiri oleh semua santri SMP IT Al Kahfi, putra dan putri.

Pada hari kedua diselenggarakan kegiatan pelatihan menulis fiksi, cerpen. Untuk santri putra hadir Irwan Kelana, penulis dan wartawan senior Republika. Sementara untuk santri putri hadir Mba Dee dari Lingkar Pena.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk acara bazar diikuti oleh 14 penerbit nasional. Hadirkan kurang lebih 1500 judul buku, tidak kurang dari 15000 eksemplar. Ada buku agama, novel, anak, umum dan komik.

Readezvous! memberi akses bagi santri untuk mendapatkan buku terbaik dengan harga terjangkau. Selalu diskon.
Readezvous! memberi akses bagi santri untuk mendapatkan buku terbaik dengan harga terjangkau. Selalu diskon.

Festival Literasi merupakan satu dari tiga kegiatan santri yang diselenggarakan secara berkelanjutan mulai tanggal 16 – 23 Oktober. Selain Festival Literasi, ada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan Al Kahfi Ready. Semua kegiatan dipusatkan di Aula Ar Raudhah.

Dalam acara pembukaan Kepala SMP IT Al Kahfi, Rina Rachmawati, S.P., M.Pd., berpesan kepada para santri untuk menjadikan perbedaan sebagai kekuatan. “Anak Al Kahfi itu mempunyai perbedaan latar belakang suku, budaya, maka jadikan perbedaan itu sebagai kekuatan. Seperti pelangi yang berbeda tapi malah indah dipandang. Allah menciptakan berbangsa-bangsa, suku itu untuk saling mengenal,” jelas Kepala Sekolah seraya berharap kegiatan selama 8 hari bisa membuat para santri bisa bekerjasama dalam perbedaan.

Dalam hal literasi, Ibu Rina berharap kegiatan Festival Literasi bisa mendorong para santri mampu menulis dan menerbitkannya menjadi buku. “Kalau selama ini para guru telah menerbitkan buku, saya berharap tahun depan akan ada buku karya dari santri mendampingi buku karya bapak dan ibu guru.”

Profil SMP IT Al Kahfi

SMP IT Al Kahfi merupakan satuan pendidikan untuk jenjang Pendidikan menengah yang ada di Pesantren Terpadu Al Kahfi. Sekolah Islam Terpadu yang beralamat di Desa Srogol ini berada dalam naungan Yayasan Pedesaan Nusantara (YPN).

Pada awalnya yayasan memiliki kegiatan pendidikan dengan membuka program TK dan TPA yang diperuntukan bagi masyarakat Desa Srogol dan sekitarnya. Sejak tahun 2002 yayasan membuka lembaga pendidikan pesantren dengan menyelenggarakan program pendidikan formal SMP yang lebih dikenal dengan sebutan SMPIT Al Kahfi. Tepat pada tahun 2007 pesantren membuka program baru SMA dengan sebutan SMAIT Al Kahfi dan Madrasah Aliyah tahun 2013.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image