3 Cara Super Ampuh Agar Kertas Buku Kesayanganmu Tidak Menguning!

Tips  

“Lho, kok, sisi buku menguning, padahal masih baru dan dikemas plastik? Jangan-jangan enggak orisinal!”

Eiiits jangan salah! Sampul plastik pada buku tidak menjamin bukumu bebas dari risiko kertas menguning, lho. Bagi beberapa pecinta buku, membaca buku fisik memang mempunyai kepuasan tersendiri. Bahkan ada juga yang galau, seperti kena ghosting, saat koleksi bukunya sudah mulai ada bercak kuning pada sisi-sisinya.

source : pexels.com
source : pexels.com


Bagaimana agar buku terhindar dari noda kuning? Yuk, simak tips merawat buku berikut ini:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Simpan buku jauh dari sinar matahari langsung

Sinar UV matahari akan memudarkan sampul buku dan merusak halaman kertas, membuatnya menguning dari waktu ke waktu.

2. Perhatikan suhu ruangan

Hindari menaruh buku-buku di lokasi berkelembaban tinggi, seperti di ruang bawah tanah atau loteng. Kelembaban udara yang tinggi dengan peningkatan kadar air dalam udara yang akan merusak kertas. Demikian juga daerah dengan kelembaban rendah, yang akan mengakibatkan kertas mengering, menjadi kuning, dan mudah sobek. Pastikan buku disimpan di daerah dengan sirkulasi udara baik, seperti di ruang keluarga atau perpustakaan di rumah. Jika buku disimpan di dekat dinding, pastikan untuk memberi jarak setidaknya tiga inci antara buku dengan dinding agar sirkulasi udara lancar. Jika buku disimpan di dalam lemari, lemari harus berjarak tiga inci dari dinding. Sisakan jarak satu atau dua inci antara buku dengan dinding belakang lemari untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik.

3. Diberi kapur barus (kamper) dan lampu

Bahan baku kertas yang berasal dari kayu bisa mengundang rayap menggerogoti buku-buku kita. Umumnya, buku-buku baru tidak dirayapi karena beberapa sudah diberi zat-zat kimia untuk bahan baku daur ulang kertas. Juga penambahan material plastik dalam pembuatan kertas licin. Namun, untuk buku-buku yang masih menggunakan kertas asli umumnya masih bisa dirusak rayap. Untuk menghindarinya, rak buku dapat ditaburi kapus barus yang dihaluskan atau bubuk cengkeh agar buku kita terjaga dari rayap. Atau, tidak ada salahnya memberi lampu khusus pada lemari buku. Sinar lampu akan menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku, sehingga warna buku pun akan tetap terjaga.

Nah itu dia tips ampuh ala temubaca yang dapat kalian praktikan untuk koleksi buku kesayanganmu agar tetap mulus terhindar dari noda kuning yang kurang elok dipandang. Silahkan mencoba! [PS, DRM]

Berita Terkait

Image

Wow...Buku Romantisme Berhaji dan Romantisme Tanah Suci Punya Soundtrack

Image

Buku Garuda Gaganeswara Masuk Nominasi IBBY International

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image