Tips Belanja Buku Anti-Kantong Bolong

Tips  
Foto : Pexels.com/Ahsanjaya
Foto : Pexels.com/Ahsanjaya

“Wah, penulis favorit baru aja rilis buku baru, nih! Pengin banget beli, tapi masih ada keperluan lain yang lebih mendesak.”

Pernah mengalami hal seperti itu? Kalau pernah, selamat kamu bukan satu-satunya pecinta buku yang galau tiap ada buku baru terbit namun jatah jajan buku tidak cukup atau habis. Harga buku orisinal, baik dari penulis dalam negeri maupun luar negeri, memang tidak murah, namun bukan berarti jadi pembenaran untuk beli buku bajakan, ya! Membeli buku bajakan dengan embel-embel “lebih murah” berarti kamu merugikan sang penulis dan pihak-pihak lain yang telah mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk menerbitkan buku itu.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan buku incaranmu tanpa harus membeli buku bajakan, yuk simak tips belanja buku anti-kantong bolong ala Temubaca!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Manfaatkan temanmu!

Eits, jangan salah mengartikan yang tidak baik. Kamu bisa mengajak temanmu untuk patungan buku yang sekiranya juga merupakan wishlist dari temanmu. Tapi ingat, sebelum melakukan transaksi, kalian harus sepakat terkait kepemilikan bukunya ya. Jangan sampai karena ketidakjelasan dan kesalahpahaman, pertemanan kalian jadi rusak.

2. Jual buku lama, beli buku baru.

  Foto: Pexels.com/ Tima Miroshnichenko
Foto: Pexels.com/ Tima Miroshnichenko

3. Beli buku bekas.

Selain sebagai seller, kamu juga bisa jadi buyer buku bekas berkualitas, lho! Tidak ada salahnya membeli buku bekas yang masih layak baca atau koleksi! Yang salah adalah membeli buku bajakan, lalu memberikan penilaian bagus. Sudah salah menggiring orang lain untuk berbuat salah pula. Saat ini sudah banyak yang menjual buku orisinal bekas, lho. Kamu bisa mencari di pasar buku bekas di kotamu ataupun marketplace favoritmu. Namun, sekali lagi, pastikan itu buku orisinal, ya!

4. Promo marketplace.

Foto : @bukurepublika
Foto : @bukurepublika

Pastinya kamu tahu, kan, kalau marketplace mempunyai waktu promosi rutin di hari besar ataupun promo tanggal dan bulan cantik seperti 1.1, 2.2, 3.3, dan seterusnya. Belum lagi banyak penerbit yang juga berjualan secara online di marketplace seperti si orange, si hijau, dan lain-lain dengan diskon yang menggiurkan. Manfaatkanlah promo-promo marketplace. Apabila kamu beruntung, kamu juga bisa mendapatkan buku harga murah plus gratis ongkir.

5. Ikut program kolaborasi book review.

Saat ini cukup banyak penerbit yang mengadakan program bagi-bagi buku untuk mendapatkan review dari para bookstagram ataupun pembaca umum. Syaratnya bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan, kalau kalian sering me-review buku, bisa saja dari pihak penerbitlah yang menghubungi kalian, seperti yang sering dilakukan oleh Republika Penerbit. Tips terakhir ini adalah kabar baik yang bisa dimanfaatkan oleh kamu yang mau mendapatkan buku gratis sekaligus mengasah skill menulis!

Itu dia tips untuk kamu para pencinta buku yang ingin membeli buku dengan harga murah. Apa pun cara yang kalian gunakan untuk mendapatkan buku dengan harga terjangkau, cukup pastikan saja kalian membeli buku orisinal, ya! [DRM]

Berita Terkait

Image

Wow...Buku Romantisme Berhaji dan Romantisme Tanah Suci Punya Soundtrack

Image

Buku Garuda Gaganeswara Masuk Nominasi IBBY International

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Readezvous adalah ajang kumpul para pecinta buku

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image